TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PEGELOLAAN PERPUSTAKAAN BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN (BP2LHK) AEK NAULI SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Main Article Content
Abstract
Perpustakaan merupakan sarana vital bagi para akademisi di institusi litbang untuk meningkatkan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap pelayanan perpustakaan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian dilakukan pada bulan September sampai November 2016. Data dikumpulkan dengan cara wawancara terstuktur (survey) kepada 43 orang pegawai di lingkup Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi tren penurunan pengunjung sebesar 7,54% per tahun ke perpustakaan BP2LHK Aek Nauli pada tahun 2011 sampai dengan 2015. Pada umumnya pegawai hanya mengunjungi perpustakaan sebanyak 1-2 kali dalam satu bulan. Fasilitas internet yang tidak memadai di perpustakaan dianggap sebagai faktor utama yang mengakibatkan berkurangnya minat berkunjung. Selanjutnya faktor kurangnya kemudahan akses pencarian, tidak adanya digitasi bahan-bahan pustaka, dan kurang terbaharukannya koleksi jug merupakan faktor yang mengakibatkan kurang memuaskannya pelayanan perpustakaan. Berdasarkan hasil ini diharapkan instansi pengelola agar menyediakan akses internet yang memadai di perpustakaan serta menyediakan dan meningkatkan teknologi komputer dalam pengelolan perpustakaan agar perpustakaan dapat memenuhi fungsinya sebagai sarana vital pusat informasi dan ilmu pengetahuan. Penelitian ini juga menyarankan agar pengelola perpustakaan semakin memperluas jaringan kepada kepada instansi atau publisher lainnya dalam memperoleh terbitan terbaru baik buku maupun jurnal dan majalah ilmiah/semi ilmiah.
Kata-kata kunci : Tingkat kepuasan, pemustaka, perpustakaan, kunjungan, faktor-faktor