Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan Terhadap Pasien Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Haji Medan

Main Article Content

Nina Siti Salmaniah Siregar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk komunikasi terapeutik tenaga kesehatan pada fase orientasi, fase kerja dan fase penyelesaian terhadap pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Haji Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah desktiptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa pada fase orientasi atau tahap awal telah dilakukan pelayanan komunikasi kesehatan dengan tujuan utama untuk merumuskan kontrak asuhan medis dan keperawatan dengan pasien, namun diperoleh temuan bahwa keterampilan atau kemampuan komunikasi tenaga kesehatan belum merata dimiliki. Masih ada dokter dan paramedis yang tidak menanyakan perasaan pasien, tidak menggunakan nada suara yang lembut dan simpatik, tampilan ekspresi wajah yang datar, dan kurang memberikan sapaan humor yang dapat mencairkan suasana. 


 


Kata kunci: komunikasi, terapeutik, pasien, rawat inap

Article Details

How to Cite
Siregar, N. (2020, May 14). Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan Terhadap Pasien Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Haji Medan. Inovasi, 17(1), 21-30. https://doi.org/https://doi.org/10.33626/inovasi.v17i1.191
Section
Articles